Friday, June 24, 2016

Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa

Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa,- Pusing atau sakit pada saat menjalani puasa bisa menimpa siapa saja. Hal ini tentunya bisa mengganggu kenyamanan dalam menjalankan ibadah di bulan berkah ini. 

Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa

Saat pusing atau sakit kepala menyerang, sebagian dari kita mungkin akan langsung mengkonsumsi obat untuk mengatasi atau meredakannya. Tapi bagaimana kalau sakit kepala itu melanda saat sedang puasa di bulan ramadhan? Apakah harus membatalkan puasa untuk minum obat demi meredakan sakit kepala tersebut? 

Seperti di lansir dari health24.com, penyebab seseorang mengalami pusing saat puasa itu beragam. Mulai dari hipoglisemia (Sebuah simtoma rendahnya rasio gula darah yang terletak di bawah rentang normal), konsumsi kafein, perubahan pola tidur, hingga stress yang kita alami. Rasa pusing bisa menyerang di siang hari atau sore hari sebelum waktu berbuka puasa.

Tapi, anda tidak perlu panik berlebihan saat pusing ketika puasa. Dokter Elliot Shevel, direktur South African Headache Society punya tips untuk mengatasi pusing saat puasa tanpa membatalkan puasa. Simak selengkapnya.
  • Batasi konsumsi gula 
Hipoglisemia bisa jadi penyebab pusing atau sakit kepala pada sejumlah orang. Kalau ,emi sahurmu mengandung banyak gula, kadar gula darah bisa meningkat tajam tapi kemudian bisa langsung menurun dan bisa memicu sakit kepala. Mengkonsumsi makanan rendah gula saat sahur bisa jadi cara untuk mencegah sakit kepala saat berpuasa.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh 
Saat sahur dan berbuka, pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi dengan baik. Otak manusia, 75 %nya mengandung air. Saat otak mendeteksi cairan tubuh berkurang atau terlalu rendah, otak akan mengeluarkan histamin. Proses ini berkaitan dengan pendistribusian air untuk menjaga kinerja otak tetap berjalan meski kekurangan air dalam jangka waktu lama. Efek sampingnya, histamin ini akan menyebabkan pusing dan penat.
  • Tidur atau istirahat yang cukup
Penderita sakit kepala juga sebaiknya sebisa mungkin menghindari berbagai pemicu seperti kekurangan cairan, stress, penat, dan kurang tidur selama ramadhan, dimana peluangnya sangat besar untuk terkena sakit kepala. Terang dr. Shevel. Cara yang paling mudah adalah dengan tidur atau segera dapatkan waktu istirahat yang cukup saat pusing atau sakit kepala menyerang.

Saat puasa atau sakit melanda. penting untuk anda mengambil waktu jeda atau istirahat sejenak. Istirahatkan tubuh dan pikiran terlebih dahulu. Saat sudah merasa lebih rileks maka rasa pusing perlahan bisa hilang. 

Itulah dia beberaa informasi seputar Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi kesehatan ini dapat menjadi referensi yang dapat anda coba. Semoga membantu.

Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa

Tips Mengatasi Pusing Tanpa Membatalkan Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuni Astriani